Kamis, 21 April 2016

Peran Ganda Seorang Ibu


Muhammad Hafizh bin Ibrahim pernah mengatakan “Ibu ibarat madrasah, jika engkau persiapkan maka ia akan mencetak bangsa yang unggul”

Perkataan ini tidaklah berlebihan. Karena faktanya, kebersamaan anak dengan ibunya sudah dimulai sejak dalam kandungan. Ini artinya, awal ia mendengar dan merasakan sesuatu juga berlangsung di dalam rahimIbu. Kemudian setelah dia lahir, pada awal-awal kehidupannya seorang anak akan banyak berinteraksi dengan ibunya. Pada masa-masa pertumbuhan ini, kapasitas intelektual anak akan berkembang dengan pesat. Pada saat itu, otak seorang anak mampu menyimpan informasi dengan luar biasa. Disinilah peran seorang Ibu tampak sangat dibutuhkan.


Bagaimana dengan pendidikan di sekolah? Pada  sebuah kesempatan, Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia, Retno Listiyarti menjelaskan bahwa sekolah memang memiliki peran penting dalam mendidik anak pada hal ilmu pengetahuan dan teknologi. Tetapi perilaku, emosional, dan karakter anak merupakan hasil dari peran pendidikan dan pengasuhan orang tua, terutama seorang ibu.

Ini artinya, karakter yang dimiliki seorang anak bergantung dari pendidikan yang diterapkan ibunya di rumah. Sebagai contoh, jika ibu mengajarkan anaknya rajin membaca sejak kecil, maka budaya tersebut akan tertanam hingga dewasa. Begitupun jika Ibu (dan ayah) menciptakan keluarga yang harmonis, maka anak akan merasa bahagia dan berdampak pada perilaku dan karakter mereka di luar rumah.

Tak kalah penting adalah seorang ibu yang mendidik anak dengan prinsip-prinsip agama akan berpengaruh pada kehidupan anak yang akan berlandaskan agama. Ibu mendidik jujur, tidak melakukan tindakan kekerasan verbal maupun fisik terhadap anak akan terbawa hingga ke sekolah.

Disini artinya, seorang ibu juga dituntut untuk mengemban peran ganda. Selain mesti berperan sebagai ibu bagi buah hatinya, ia bersama suami dituntut menciptakan keluarga yang utuh dan hangat. Peran ganda itu diwujudkan dalam aktifitasnya sehari-hari, karena meskipun telah memiliki anak, seorang ibu tetap bertanggung jawab kepada suaminya. Ibu bertugas sebagai pendamping suami, pendidik anak, dan juga anggota masyarakat.[]

======================
Judul: Behind the Good Kids, There is a Great Mom
Produsen: Hoofla
Kode: HR-11


Tidak ada komentar:

Posting Komentar