Senin, 25 April 2016

Cara Memilih Kaos dari Kualitas Jahitannya



Dalam tulisan sebelumnya, kita membahas soal memilih kaos yang tepat berdasarkan usia pemakai dan ukuran badannya, tapi sebenarnya pertimbangan dari memilih kaos bukan hanya itu. Banyak elemen yang harus dipertimbangkan agar kita bisa mendapat kaos yang bermutu bagus. Salah satunya adalah lewat kualias jahitannya.  Hal ini penting untuk dipahami, sebab kualitas jahitan kaos sangat menentukan ketahanan kaos tersebut ketika harus dikenakan dalam berbagai aktivitas atau cuaca. 

Berikut ini adalah beberapa kriteria yang menjadi faktor penentu dari kualitas kaos, terkait dengan jahitan yang digunakan: 



  • Kerapian Jahitan Kaos. Kaos yang berkualitas bagus setidaknya harus memiliki jahitan yang rapi, maksudnya bukan hanya bersih dari cuwiran-cuwiran benang, tapi juga bentuk jahitannya rapi, misalnya setiap jahitan mempunyai jarak yang sama, tidak terputus, konstan, dan stabil sehingga tidak akan meregang secara berlebihan ketika ditarik. Selain itu penting juga untuk memperhatikan sisa-sisa jahitan, karena  sisa-sisa benang pada ujung jahitan yang tidak dibersihkan berpotensi untuk melepaskan jahitan karena benang dapat terurai dengan bebas.
  • Sambungan Antar Jahitan. Kaos yang berkualitas bagus harus memiliki sambungan yang sangat presisi pada bagian lengan atau bagian body. Jahitan kaos yang berkualitas baik ditandai dengan sambungan kaos yang membentuk persilangan garis. Semakin kecil ukuran sambungan pada bagian dalam kaos, maka semakin baik dan rapi pula kaos yang dihasilkan..
  • Kerapian Jahitan Obras. Kaos yang berkualitas bagus umumnya memiliki jahitan obras yang rapat dan rapi. Semakin rapat jahitan obrasnya maka jahitan kaos tersebut juga akan semakin kuat.
  • Jahitan Rantai Pada Kaos. Perhatikan, kaos yang berkualitas bagus umumnya memiliki pola jahitan rantai. Pola jahitan rantai yang menyambungkan bagian pundak dan leher kaos akan membuat sambungan jahitan kaos menjadi lebih kuat dan tahan lama sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Rib Pada Leher Kaos. Bagian leher kaos yang berkualitas biasa dilengkapi dengan menggunakan rib yang dibuat dari bahan pilihan berkualitas tinggi. Bagian ini dijahit dengan cara disambung dengan jahitan bis yang rapi dan teliti sehingga kaos lebih nyaman dipakai. Pada bagian ini biasanya disertakan pula label, merk, serta ukuran kaos.

Demikian cara-cara memilih kaos yang benar dilihat dari kualitas jahitannya. Untuk mendapatkan hasil terbaik, tidak mengapa bila hanya untuk memeriksa jahitan kaos ini kita sampai harus membolak –balik kaos di tempat pedagangnya. Asal dilakukan dengan sopan, meminta ijin dulu pada pedagangnya, dan tentu pada akhirnya diusahakan untuk tetap membelinya.[] 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar